Ads Top

Inilah Tanda – Tanda Penyakit Eksim

Inilah Tanda – Tanda Penyakit Eksim | Penyakit kulit memang sering kali terjadi pada beberapa orang, bahkan mungkin penyakit kulit dapat dialami oleh hampir semua manusia. Karena memang penyakit kulit sangat mudah di derita oleh banyak orang, dengan jenis penyakit kulit yang berbeda-beda.

 
Tentunya kita tidak menginginkan penyakit kulit terjadi pada diri kita, hal yang paling mendasar untuk mencegah penyakit kulit mungkin dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan. Seperti yang kita ketahui jika kita mengalami penyakit kulit apalagi di bagian kulit luar yang dapat dilihat oleh semua orang, tentunya itu sangat memalukan yang membuat kepercayaan diri kita menurun yang akhirnya kita menjadi tidak bebas beraktifitas diluar rumah. Namun sebenarnya penyakit kulit juga tidak hanya menimbulkan kurangnya kepercayaan diri kita, penyakit kulit juga membuat para penderita menjadi tidak nyaman akibat ruam yang dirasakan.

Oleh karena itu kami akan berusaha memberikan informasi yang tentunya dapat bermanfaat bagi anda para penderita penyakit kulit ini khusunys penyakit kulit eksim yang memang sering terjadi pada manusia.

Pengertian Eksim

Eksim merupakan kelainan kulit dengan ciri peradangan atau bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Meskipun eksim tidak menular, kelainan ini menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian kulit yang terkena. Eksim umumnya terjadi pada masa kanak-kanak, misalnya pada bayi dan anak usia muda. Pada awalnya, bagian-bagian kulit tertentu akan memerah, teriritasi, kering, dan bersisik. Beberapa kasus eksim bahkan dapat menyebabkan pembentukan lepuh yang nantinya akan mengeluarkan air. Pengeluaran air ini merupakan indikasi bahwa eksim sudah menjadi infeksi. Eksim (Eczema) juga dikenal sebagai dermatitis.
Beberapa jenis eksim lainnya yang kita ketahui, yaitu:

·         Dermatitis discoid
·         Dermatitis numularis.
·         Dermatitis seboroik.
·         Dermatitis statis.
·         Dermatitis verikosa
·         Dermatitis atopik.
·         Dermatitis kontak.
·         Dermatitis dishidrotik.

Sering kali muncul pada bagian kulit yang memiliki lipatan. Berikut ini adalah beberapa tempat yang sering menjadi lokasi kemunculan eksim :

·         Bagian dalam siku
·         Bagian belakang lutut
·         Bagian dahi pada wajah
·         Sekitar mata dan telinga
·         Bagian samping leher
·         Sekitar lipatan selangkangan
·         Bagian pergelangan kaki depan

Biasanya setelah itu akan diikuti oleh benjolan kecil yang melepuh dan bahkan infeksi. Luka melepuh ini mengeluarkan cairan atau menjadi kulit kering yang pecah-pecah. Seluruh gejala seperti kulit kering, gatal-gatal, dan inflamasi akan muncul dan menghilang. Selama ini terjadi, lapisan kulit akan menebal sehingga kulit terasa kasar.

Penyebab Eksim

Para ahli percaya bahwa penyebab eksim adalah ketidakmampuan kulit dalam melakukan perbaikan terhadap kerusakan sehingga kulit menjadi rawan terhadap kuman dan bakteri. Mereka menyatakan bahwa ketidakmampuan ini disebabkan oleh mutasi pada sebuah gen bernama filaggrin. Untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan, kulit membutuhkan sepasang filaggrin sementara orang-orang dengan eksim hanya memiliki satu filaggrin.

Faktor genetik atau keturunan memiliki peran dalam menyebabkan munculnya eksim atopik ini. Jika kedua orang tua menderita eksim atopik, delapan dari sepuluh anak akan mengalami kondisi yang sama. Tapi hingga saat ini belum diketahui dengan pasti gen mana yang menyebabkan eksim.
Hal-hal yang bisa memicu eksim atopik, antara lain bulu binatang, kutu debu, dan serbuk sari dari bunga.
Selain itu, makanan juga bisa menjadi penyebab eksim, misalnya susu, telur, kacang, gandum dan kedelai. Orang yang menderita alergi terhadap makanan cenderung mengalami eksim atopik yang lebih parah.

Gejala Eksim

Eksim bisa menyerang wajah, leher, siku, pergelangan tangan, daerah kelamin, lutut, dan pergelangan kaki. Di mana pun daerah kulit yang terserang, ciri utama kelainan ini adalah rasa gatal. Terkadang rasa gatal dapat muncul bahkan sebelum ada ruam.

Berikut ini adalah gejala dari dermatitis atopik yang sering kali terjadi :

·         Munculnya benjolan kecil yang mungkin melepuh.
·         Gatal-gatal terutama pada malam hari.
·         Ruam merah dan tersebar muncul akibat menggaruk.
·         Kulit pecah-pecah, kering, dan bersisik.
Kulit dengan luka eksim yang parah rentan terinfeksi oleh bakteri. Oleh sebab itu, penderita dianjurkan untuk tidak menggaruk ruam yang terasa gatal.

Pengobatan Eksim

Pada daerah yang terkena eksim, disarankan menggunakan antibiotik jenis topikal atau antibiotik minum. Untuk meringankan rasa gatal biasanya disarankan penggunaan anti-histamin.

Untuk kasus dermatitis parah biasanya diberikan pengobatan tar seperti fototerapi ultraviolet dan penekan sistem imun seperti siklosporin. Alternatif lain yang dapat dipilih adalah pengobatan menggunakan psikodermatologi, yaitu cabang ilmu baru di dermatologi sebagai pendekatan alternatif terhadap penyakit kulit menggunakan teknik psikologi seperti relaksasi dan hipnosis.

Tes alergi mungkin dilakukan untuk mengetahui faktor yang mungkin memicu munculnya kondisi ini atau yang memperparah gejala yang ada. Jika diketahui ada satu faktor pemicu munculnya eksim atopik, maka Anda perlu berusaha membuang atau menghindari pemicu itu dari menu makanan atau dari lingkungan di sekitar Anda.

Hal dapat anda lakukan sendiri dirumah untuk mencegah dan mengobati penyakit kulit eksim adalah berikut ini :

·         Mewaspadai sinar matahari. Terbakar matahari dan berkeringat bisa memperparah iritasi kulit. Meski sinar matahari bisa membantu meringankan gejala eksim atopik, usahakan untuk menghindari kulit terbakar sinar matahari.
·         Menjaga kulit tetap lembap. Gunakan pelembap dan hindari mandi dengan air panas, gunakan air biasa sebagai gantinya.
·         Menghindari benda yang menyebabkan iritasi. Sabun dan parfum yang membuat kulit kering, pakaian dan kain yang membuat kulit terasa gatal.
·         Menghindari stres. Stres juga berperan dalam membuat ruam bertambah buruk, usahakan untuk menjaga kesehatan pikiran terhindar dari stres.
·         Mengatasi rasa gatal. Eksim selalu menimbulkan rasa gatal pada kulit. Menggaruknya bisa memperburuk eksim atopik yang diderita dan berisiko membuat kulit terinfeksi bakteri. Pada anak-anak, potong kuku mereka untuk mengurangi risiko kerusakan kulit. Sedangkan pada bayi, berikan sarung tangan agar garukan tidak membuat kulitnya terluka.
·         Hindari benda-benda alergen. Kutu debu dan juga bulu binatang bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang, cobalah menghindarinya untuk mencegah ruam bertambah parah.

·         Mengganti menu makanan. Makanan seperti telur, kacang-kacangan, dan susu bisa memicu munculnya gejala dermatitis atopik. Berusahalah untuk mengubah menu makanan jika kemunculan dermatitis atopik berhubungan dengan makanan Anda. Bicarakan dengan dokter sebelum melakukan perubahan menu makan dikarenakan beberapa makanan dapat menjadi pemicu, sekaligus juga penting bagi kesehatan Anda.

Itulah pengobatan yang dapat anda lakukan sebagai solusi untuk mengobati penyakit kulit yang khususnya penyakit eksim, hal hal seperti ini dapat anda lakukan agar penyakit yang anda derita dapat disembuhkan dengan baik.

 Inilah Tanda – Tanda Penyakit Eksim

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.