Ads Top

Cara Alternatife Mengatasi Bentol-Bentol Di Kulit

Penanganan utama biduran adalah mengenali pemicu lalu sedapat mungkin menghindarinya. Antihistamin atau steroid merupakan golongan obat yang dapat meredakan gejala biduran, namun tidak dapat mencegah munculnya kembali biduran apabila terpapar lagi dengan pemicunya. http://arbanmarzuki.blogspot.co.id/



Sebaiknya konsultasikan dengan dokter di mana dokter akan menganalisis gejala dan melakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Tes penunjang seperti tes alergi mungkin akan dokter anjurkan. Terapi yang sesuai dengan diagnosis akan dokter berikan. Anjuran yang dapat Anda lakukan :

catatlah kapan gejala muncul, saat sedang melakukan aktivitas apa, berapa lama gejala muncul, perubahan pada lingkungan, makanan yang belum pernah dikonsumsi sebelumnya. Hal ini dapat membantu Anda dan dokter untuk mengenali pemicu biduran.

hindari menggaruk area yang gatal karena dapat melukai kulit yang dapat mengundang infeksi bakteri
jika perlu Anda dapat mengoleskan lotion calamine untuk mengurangi rasa gatal
manajemen stres secara bijak

olahraga ringan secara teratur seperti jalan kaki untuk mengurangi kadar Imunoglobulin E (IgE) yang bertanggung jawab terhadap proses alergi

adapun cara mengatasi pemicu biduran adalah :

Pertimbangkan apakah Anda alergi terhadap sesuatu dari lingkungan sekitar. Jika demikian, Anda mungkin dapat mengatasi biduran dengan mengurangi kontak dengan bahan tersebut. Sebagian orang mengalami biduran jika terkena bahan-bahan berikut ini:

Serbuk sari. Jika pemicunya adalah serbuk sari, Anda kemungkinan besar mengalami biduran saat banyak serbuk sari beterbangan. Usahakan untuk tidak banyak keluar rumah selama waktu-waktu tersebut dan tutup semua jendela di rumah Anda.

Tungau debu dan bulu hewan. Jika Anda alergi terhadap tungau debu, lingkungan sekitar yang benar-benar bersih dan bebas debu mungkin akan membantu. Cobalah menyedot debu, membersihkan debu, dan mencuci peralatan di rumah secara teratur. Ganti seprai untuk menghindarkan Anda tidur di atas seprai berdebu atau bulu hewan.

Lateks. Sebagian orang mengalami biduran jika terkena lateks. Jika Anda adalah tenaga medis dan menduga pemicu biduran Anda adalah lateks, coba kenakan sarung tangan bebas lateks untuk mengetahui apakah biduran dapat diatasi.

Lindungi kulit Anda dari pengaruh lingkungan yang keras. Anda mungkin perlu melindungi tubuh dari perubahan suhu ekstrem hingga dapat menyesuaikan diri dengan kondisi iklim yang baru, atau dengan mengenakan tabir surya yang lebih kuat. Sebagian orang berkulit sensitif dapat mengalami biduran akibat beberapa faktor lingkungan, seperti:

  • Panas
  • Dingin
  • Sinar matahari
  • Air
  • Tekanan pada kulit
Jauhkan pemicu biduran dari diet Anda. Anda mungkin perlu mencatat makanan apa saja yang Anda makan sebelum dan setelah mengubah diet. Catatan ini diperlukan untuk membantu Anda menemukan makanan yang bermasalah. Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan biduran pada beberapa orang:

Makanan yang mengandung amin vasoaktif. Senyawa ini menyebabkan tubuh melepaskan histamin, yang memicu biduran. Makanan yang mengandung senyawa ini antara lain kerang, ikan, tomat, nanas, stroberi, dan cokelat.

Makanan yang mengandung salisilat. Senyawa ini mirip seperti aspirin, dan makanan yang mengandungnya antara lain tomat, raspberry, sari jeruk, rempah-rempah, dan teh.
Bahan pemicu alergi lainnya seperti kacang tanah, kacang-kacangan, telur, keju, dan susu.
Biduran juga dapat dipicu oleh kafeina dan alkohol pada sebagian orang. 

 Cara Alternatife Mengatasi Bentol-Bentol Di Kulit

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.